iklan

Amien Rais: HENTIKAN REKLAMASI, JANGAN JUAL INDONESIA KE CINA

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Pada hari selasa 16 mei 2017, jam 10. 15 waktu indonesia barat (WIB) di ruang kk i, gedung dpr/mpr ri, berlangsung seminar berjudul: " stop reklamasi teluk jakarta " , yang diselenggarakan oleh indonesia research studies (iress) , dihadiri oleh dekat 250 undangan, dengan penanggung jawab marwan batubara (iress).

keynote speech: profesor dokter meter. amien rais (kepala mpr 1999 - 2004)

a. pembicara:
1. dokter. muslim muin (ahli metode kelautan itb)
2. dokter. sri - bintang pamungkas (dosen ftui)
3. irvan pulungan (international council for local environmental initiatives /iclei indonesia).
4. diding setiawan (tokoh nelayan).
5. dokter marwan batubara (iress)

moderator:
chandra tirta wijaya (iress)

b. ada juga yang di informasikan oleh nara sumber sbb :

1. amien rais berkata antara lain :

penamaan " abad Tiongkok " ini benar didukung dengan keadaan yang realistis. dari segi kekokohan militer, Tiongkok sudah overtake unisoviet dalam sebagian perihal. selanjutnya lagi merupakan, saat ini ini karna kekokohan ekonomi dan juga militer, hingga dapat dimaklumi Tiongkok menginginkan memahami dunia. Tiongkok sudah mendesain gimana jadi pemegang global supremacy.

kala pak J0k0wI berkata kalau indonesia dapat jadi poros maritim, aku curiga. baru - baru aku memandang, kalau indonesia kedepan hendak jadi jalur sutera untuk Tiongkok.

Tiongkok ini sudah kepanasan, jumlah penduduknya sudah 1, 5 milyar sampai - sampai tentu hendak mencari tempat tinggal lain, dan juga indonesia jadi salah satu tempat yang diseleksi buat jadi tempat tinggal. semenjak dini, proyek reklamasi ini sudah misterius. mungkinkan kita menyerahkan sebagian dari tanah air kita kepada Tiongkok?

aku mencium kalau reklamasi ini, jelas wajib moratorium dahulu (dihentikan) , ayo adu dalil dan juga informasi. janganlah kita menjual - jual indonesia.

2. marwan batubara (iress) berkata antara lain:

reklamasi teluk jakarta wajib dihentikan karna bermacam sebab, dan juga karna itu pula iress berbarengan anggota dpr fpan, viva yoga mulyadi menyelenggarakan seminar yang berjudul " stop reklamasi teluk jakarta " ini. artinya merupakan kalau walaupun alasan - alasan penghentian sudah cukup banyak, relevan dan juga konstitusional, tampaknya pemerintah masih amat bernafsu buat melanjutkan. karna itu, upaya perlawanan wajib dicoba, dan juga seperti itu salah satu tujuan seminar ini diselenggarakan, ialah mengadvokasi supaya program reklamasi teluk jakarta dihentikan.

serupa dikenal, menteri koordinator bidang kemaritiman luhut binsar panjaitan melaporkan kalau proyek reklamasi wajib senantiasa berjalan. " tidak harus boleh gara - gara satu orang kita jadi menyudahi, " kata luhut pada 1 mei 2017, di jakarta.

pendapat itu dilontarkan menjawab perilaku gubernur terpilih dki jakarta anies baswedan yang tidak setuju dengan rencana pembuatan pulau - pulau reklamasi. perilaku anies ini juga telah dinyatakan berulang - ulang sepanjang kampanye pilkada dki 2017. karna itu, luhut juga menantang anies - sandi buat beradu informasi guna menujukkan perlunya proyek reklamasi dilanjutkan.

begitu pula dengan pelaksana tugas (plt) gubernur dki jakarta, djarot saiful hidayat yang menegaskan proyek reklamasi teluk jakarta senantiasa hendak dilanjutkan. bagi djarot, keputusan itu setimpal dengan hasil dialog djarot berbarengan gubernur dki nonaktif basuki tjahaja purnama di lp cipinang. " (ulasan) reklamasi tidak spesial, tetapi waktu di cipinang itu di informasikan kalau kebijakan (reklamasi) senantiasa dilanjutkan, " kata djarot di balai kota jakarta, jumat 12 mei 2017.

perilaku luhut dan juga djarot di atas jelas berlawanan dengan keputusan pemerintah sebelumnya, dikala menko kemaritiman dijabat oleh rizal ramli.

sehabis mengkaji secara ilmiah segala informasi dan juga aspek - aspek yang terpaut dengan reklamasi, tercantum kajian terhadap peraturan yang berlaku, menko rizal melaporkan proyek reklamasi hendak dihentikan. dengan informasi dan juga kajian yang sudah lengkap dan juga formal jadi perilaku pemerintah dikala itu, entah informasi apa lagi yang mau diadu luhut supaya proyek dilanjutkan.

bila ditinjau dari aspek hukum dan juga peraturan, kekuasaan yudikatif, ialah ptun jakarta telah menyidangkan minimun 4 masalah gugatan yang diajukan oleh para nelayan. dalam sidang yang berlangsung berulang kali, pihak hakim telah meneilisik bermacam peraturan yang berlaku. ptun menciptakan sebagian fakta pelanggaran yang terjalin pada proyek reklamasi, sampai - sampai reklamasi pulau f (karna cacat hukum dan juga perizinan) , pulau k (karna sebutan izin prinsip tidak diketahui dalam perundang - undangan) dan juga pulau l (karna tidak setimpal prosedur) telah dibatalkan. oleh karena itu pihak yudikatif /ptun telah memerintahkan supaya proyek reklamasi dihentikan.

bila kedua pejabat di atas, yang didukung J0k0wI, senantiasa bersikeras mau melanjutkan proyek reklamasi, hingga mampu dikatakan pemerintah secara vulgar melaksanakan aksi. melawan hukum ataupun menyalahgunakan kekuasaan. dalilnya walaupun ptun telah memerintahkan penghentian aktivitas para pengembang dengan melanjutkan pekerjaan. perihal ini terjalin karna pihak pemrov benar membiarkan perilaku pengembang tersebut bagaikan refleksi kuatnya sokongan.

dengan terbongkarnya permasalahan reklamasi dan juga kemenangan anies - sandi jakarta, kita menuntut pemerintah melindungi kehormatan dan juga kedaulatan negeri. pemerintah wajib melindungi negeri dan juga rakyat buat tidak hendak sempat menanggung kerugian bisnis para taipan yang mencuat akibat pelanggaran hukum dan juga perkiraan kkn para taipan dan juga pejabat - pejabat negeri yang ikut serta.

pada peluang ini kita mengingatkan
supaya pemerintahan J0k0wI tidak mengulang kejahatan pemerintahan megawati yang telah berikan proteksi, berbentuk tulisan penjelasan lunas dan juga leluasa tuntutan hukum (setimpal inpres nomor. 8 / 2002) terhadap para koruptor blbi yang telah menghabiskan duit negeri dan juga rakyat atas kejahatan korporasi mereka jalani! para taipan koruptor bi tersebut telah ikut serta kejahatan kriminal yang antara lain membobol bank - bank kepunyaan seorang diri dan juga melarikannya dana ke luar negara.

oleh karena itu, bila kita mau maju tumbuh, leluasa korupsi dan juga berkeadilan, hingga pola non - budgeter absolut wajib dihentikan. dprd, dpr dan juga pemerintah pusat wajib berkomitmen buat lekas mengawali penghentian. sejalan dengan itu, yang tidak kalah berarti merupakan supaya lembaga - lembaga penegak hukum lekas mengusut kasus - kasus perkiraan korupsi yang mengaitkan dana non - budgeter, paling utama proyek reklamasi, dan juga perihal ini wajib dimuai dari pengusutan terhadap 4h0k oleh kpk.

bagaikan penutup, setimpal dengan hasil kajian ilmiah formal bermacam lembaga pemerintah terpaut, yang telah menetapkan supaya proyek reklamasi dihentikan, hingga iress menuntut supaya proyek yang cuma mengutamakan kepentingan bisnis tersebut betul - betul dihentikan oleh presiden J0k0wI. seluruh menteri yang terdapat dalam kabinet wajib mematuhi ketetapan presiden tersebut.

sejalan dengan itu, kita pula memohon supaya gubernur terpilih, anies baswedan, tidak berubah - ubah dengan janji dan juga komitmen yang telah dideklarasikan sebelumnya, proyek reklamasi hendak dihentikan, tanpa terbawa - bawa atas intervensi ataupun ancaman dari siapapun pihak - pihak yang berkepentingan. iress berbarengan rakyat hendak berposisi di balik anies baswedan guna menghentikan proyek reklamasi teluk jakarta.

3. muslim muin (kepala kelompok kemampuan metode kelautan itb) berkata antara lain:

aku amat menolak reklamasi teluk jakarta. secara teknis konsep ini galat dan juga siapa yang hendak diuntungkan. bahwa reklamasi diperlukan dan juga akibatnya terukur, mengapa tidak? bila giant sea wall diperlukan, mengapa tidak? namun reklamasi dan juga giant sea wall tidak dibutuhkan di jakarta. kita tidak perlu dan juga akibatnya amat sungguh - sungguh sampai - sampai tidak dibutuhkan.

meski penyusutan wajah tanah merupakan ancaman yang dikira sungguh - sungguh, namun reklamasi ataupun giant seawall bukan jawabannya. bahwa kita lanjutkan reklamasi ini, hingga giant sea wall ingin tidak ingin wajib di bangun. salah besar reklamasi teluk jakarta, karna hendak menutup mulut - mulut sungai. bahwa di reklamasi, malah jakarta yang hendak tenggelam.

apabila di reklamasi dan juga dibentuk bendungan ataupun tanggul, hingga penjaannya hendak amat mahal sekali. ini tentu terdapat kaitannya dengan duit. dpr seorang diri tidak bersuara. nelayan kita nanti cuma hendak jadi jongos. karna itu reklamasi wajib dihentikan. reklamasi bukan pemecahan buat penyusutan wajah tanah di indonesia. bahwa terjalin penyusutan, hingga yang kita tanggul di daerah yang terjalin penyusutan.

4. sri bintang pamungkas (dosen ftui) berkata antara lain:

reklamasi dari sisi bahasa merupakan mengembalikan guna. 4h0k tentu. memiliki tujuan lain. tentu terdapat sisi bisnisnya. perkiraan aku konsep tol laut yang di informasikan presiden J0k0wI, sudah di informasikan terlebih dulu kepada xi jinping saat sebelum J0k0wI jadi presiden.

ini benar permasalahan keamanan negeri yang masih belum kita bahas. mana ingin J0k0wI menghentikan reklamasi. jadi dalam permasalahan reklamasi ini, J0k0wI seorang diri sudah melanggar uu kuhp pasal 106 soal makar.

5. irfan pulungan (iclei indonesia) berkata antara lain:

gimana dapat pemerintah tidak mengenali bahwa terdapat proyek reklamasi lagi berlangsung. reklamasi ini pula sudah melanggar amdal dan juga bangunan - bangunan yang terdapat di posisi reklamasi pula tidak mempunyai imb. tidak hanya itu sk terpaut reklamasi itu pula dapat keluar tanpa terdapat payung hukumnya.

60 persen dari daerah reklamasi itu hendak dipakai buat perdagangan dan juga jasa. jadi bukan diperuntukan buat pemukiman rakyat sebagaimana yang direncanakan.

6. diding setiawan (tokoh nelayan) berkata antara lain:

penolakan reklamasi itu tiba dari teluk jakarta. aku salah satu korban dari reklamasi. darimana negeri berpihak kepada orang miskin? darimana negeri berpihak kepada nelayan? di tempat kami, listrik memakai voucher, dan juga air baru menyala tadi pagi sehabis 2 hari tidak mengalir. jadi bagi kami reklamasi ini sama dengan menewaskan kami pelan - pelan.

pembangunan tanggul giant sea wall nanti hendak menghalangi gerak para nelayan. jadi saat ini bahwa ingin berpikir jernih, siapa yang makar? bahwa orang yang menjual negaranya seorang diri kepada orang asing, itu namanya makar.

tolong yang namanya reklamasi, batalkan. banyak perahu yang gagal di pulau reklamasi, namun tidak terdapat yang ingin bertanggung jawab, karna di dekat pulau reklamasi itu tidak terdapat mercusuar ataupun lampu penerangan.

pulau reklamasi itu buat Tiongkok dan juga kita yang mencari ikan terus ditodong oleh polisi yang orang indonesia, gimana? bahwa kita menyerahkan pembangunan reklamasi kepada belanda, buat apa dahulu kita berjuang merebut kemerdekaan dari belanda?

7. hanafi rais (wakil kepala komisi i dpr ri/pan) berkata antara lain:

konsep one belt one road/obor (serupa yang baru aja berlangsung ktt di Cina) ini sama dengan membiarkan indonesia dicaplok Tiongkok secara terang - terangan. kita wajib teliti jangan hingga kita dibuai dengan narasi - narasi infrastruktur. bahwa cuma kita cuma memandang obor ini dari sisi ekonomi, bisa jadi benar terdapat keuntungan, namun hati - hati terdapat kepentingan Tiongkok didalamnya.

bermacam berbagai pengamat sulit berkata kalau obor ini hendak tumbuh hingga ke ekspansi jalan mikiter, tidak cuma kekokohan ekonomi. dapat jadi nanti yang hendak maju merupakan militer cinanya. bahwa hingga mikiter Tiongkok masuk indonesia, hingga hendak jadi bahaya besar.

- - pukul 13. 15. waktu indonesia barat (WIB), seminar selesai - - -







( sumber: http:// www. portal-islam. id/2017/05/amien-rais-hentikan-reklamasi-jangan. html )
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Amien Rais: HENTIKAN REKLAMASI, JANGAN JUAL INDONESIA KE CINA"

Posting Komentar